8 Cara Sederhana Mendidik Anak Untuk Hidup Bersih

https://www.bangfad.com/untan-membangun-ekosistem-digital-menuju-cyber-university.html
Hidup bersih dan sehat adalah idaman semua orang. Apakah itu anak- anak atau orang dewasa. Kalau orang dewasa sangat sederhana memberikan pengertiannya bagaimana untuk hidup bersih dan sehat tetapi bagaimana dengan anak-anak, tentunya perlu trik khusus untuk itu.

Bila kita mengajari anak sedari kecil tentang hidup bersih dan sehat tentunya ketika ia dewasa nanti ia akan tetap menerapkan cara-cara untuk hidup sehat. Kita sebagai orang tua pun sangat senang bila anak kita dapat menerapkan pola hidup sehat dalam kesehariannya. Tetapi tahukah anda bahwa  mengajarkan anak untuk selalu hidup bersih tidaklah mudah. Perlu kesabaran dan totalitas di dalamnya.

Lalu bagaimana cara jitu mendidik anak untuk hidup bersih ? berikut cara sederhananya
  1. Sebelum mengajarkan pada anak untuk hidup bersih hendaknya kita sebagai orang tua dapat mencontohkannya kepada anak kita. Salah satu caranya, kita menyediakan peralatan dan fasilitas yang selalu bersih untuk mereka.
  2. Ajarkan mereka dengan memberikan tempat-tempat yang nyaman dan bersih. Misalnya, jangan biarkan pakaian menumpuk di sudut-sudut rumah.
  3. Selalu bersihkan tempat anak beristirahat, misalnya kamar tidur.
  4. Letakkan tempat sampah secara ideal. Dapat meletakkan tempat sampah pada kamar tidur, dapur.
  5. Biasakan mencuci tangan dan kaki setiap habis berpergian, berangkat tidur dan makan.
  6. Biasakan mandi dengan bersih. Gunakan sabun dan sikat gigi. Ajarkan mereka mandi dengan sabun dan menyikat gigi dengan benar ( jadikan ini rutinitas sambil mengajarkan mereka sedikit demi sedikit ).
  7. Tidak merokok di depan anak-anak kita. karena ia tahu itu tidak baik.
  8. Berikan ia buku bacaan atau poster-poster yang menggambarkan dan mengajarkan  pola hidup bersih dan sehat.

Saya percaya bila kita menanamkan pola dan kebiasaan hidup bersih pada anak kita sedari dini, maka ketika ia dewasa kelak akan merasakan sangat besar manfaatnya serta ia akan mengajarkan pula kepada anak-anaknya.
http://www.bangfad.com/bersama-untan-membangun-negeri.html

0 Response to "8 Cara Sederhana Mendidik Anak Untuk Hidup Bersih"

Post a Comment