Pelajari Sakit Kepala

https://www.bangfad.com/untan-membangun-ekosistem-digital-menuju-cyber-university.html
Sakit kepala terkadang makin sering muncul ketika seseorang mengalami depresi yang tinggi, stress, banyak masalah dan lain sebagainya. Sakit kepala sangat macam ragamnya, mulai dari terasa yut-yutan, pening, sakit sebelah dan terkadang saking sakitnya kantung mata terasa ngilu yang mengakibatkan mata berair disertai tengkorak mata sakit.

Seperti yang dikutip dari Discoverchannel.com Selasa (July,28,2009), sakit kepala bisa diatasi dan dapat di cari tahu apa sebenarnya penyebabnya. Dan kita tahu bahwa jika mulai terasa sakit kepala semua aktivitas yang akan dikerjakan akan terasa hampa dan tidak bisa konsentrasi. Untuk itu mari kita pahami sepuluh (10) langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi sakit kepala tersebut.

1. Selidiki / Identifikasi Pemicunya.
Mencatat apa penyebab sakit kepala itu dalam buku harian Anda. Catat apa yang kita makan hari itu, bagaimana cuaca hari itu atau posisi Anda saat itu untuk mengidentifikasi polanya. Setelah tahu apa yang menjadi pemicu sakit kepala, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk menghindarinya.

2. Kurangi Stress.
Bisa diatasi dengan melakukan rehat atau relaks dengan sesaat atau sesuai dengan keinginan, disertai dengan memutar compact disc (music) kesukaan, dan biasanya musik penghilang stress adalah musik instrumentalia , dapat dipercaya banyak orang musik ini sangat ampuh menghilangkan stress. Bisa juga kita berendam di air dingin atau hangat sesuai dengan keinginan, dan minimal hal-hal ersebut bisa meminimalkan stress pada tubuh kita.

3. Stop Merokok.
Merupakan faktor risiko tinggi untuk beberapa jenis sakit kepala. Bahkan asap rokok atau cerutu dapat memicu sakit kepala bagi beberapa orang. Mencium asap rokok saja di beberapa orang sangat cepat menimbulkan sakit kepala. Jangan sekali-kali kita merokok di depan seorang ibu hamil, dan biasanya ibu tersebut langsung marah dan menegor kita.

4. Hindari Ketergantungan Pada Obat-obatan Bebas
Ya, betul sekali bahwa mengkonsumsi obat-obatan yang mudah dibeli di pasaran sangat tidak baik buat kesehatan. Dan apabila kita harus menenggak dosis yang maksimum lebih dari 2-3 kali seminggu lebih baik datang saja ke dokter saja. Mengkonsumsi obat tidak selamanya ampuh untuk membebaskan diri dari sakit kepala, apalagi minum obat-obat malah akan mengganggu lambung.

5. Kurangi Konsumsi Alkohol.
Kurangilah minum alkohol dari sekarang, Bir dan anggur merah diketahui dapat memicu sakit kepala bagi banyak orang.

6. Biasakan tidur teratur.
Dari kita masih kecil hal ini sudah kita tahu, menjaga waktu tidur dengan teratur akan mengurangi migrain namun kebanyakan tidur pun akan memicu migrain. Kelelahan juga bisa menjadi salah satu penyebab sakit kepala.

7. Makanlah Secara Teratur.
Makanlah secara teratur, makan makanan yang sehat yang kaya karbohidrat dan rendah lemak serta minum banyak air putih yang bisa menjaga Anda dari dehidrasi.

8. Latihan atau Olahraga Secara Teratur.
Latihan atau olahraga secara rutin, baik yang ringan seperti berjalan kaki. Lakukan pemanasan yang cukup untuk memulai gerakan fitnes, dengan pemanasan yang kurang juga bisa menjadi penyebab timbulnya sakit kepala.

9.Menjaga kesehatan Mata.
Di depan komputer seharian dapat menyebabkan mata lelah yang memicu tekanan ke kepala.

10. Duduk Tegak Lurus.
Beralihlah posisi kita sewaktu duduk. Biasanya kita duduk semaunya saja dan kadang sudah kebiasaan duduk dengan posisi bungkuk ataupun miring. Mulai dari sekarang usahakan duduk dengan posisi tulang punggung lurus, dalam hal ini bisa mengurangi sakit kepala.

http://www.bangfad.com/bersama-untan-membangun-negeri.html