7 Tanaman Bunga yang berguna untuk obat herbal

https://www.bangfad.com/untan-membangun-ekosistem-digital-menuju-cyber-university.html
Bunga selain menampilkan keindahan, ada juga bunga yang dapat dijadikan obat herbal yang dapat menyembuhka berbagai penyakit dan kita coba simak artikel dibawah ini yang diambil dari ibujempol dot com.

1. Bunga Gardenia / Kacapiring (Gardenia jasminoides Ellis.)
Nama daerah : Meulu bruek (Aceh), sangkapa (Melayu), cepiring ceplok piring (Jawa), Jempiring (Bali)
Kegunaan :
Daun dan buah kaca piring digunakan untuk mengobati hepatitis disertai sakit kuning, radang mata merah, influenza, demam, kencing berdarah dan tidak lancar, mimisan, muntah darah, batuk darah dan haid berlebihan.


2. Bunga Pacar Air (Impatiens balsamina Linn.)
Nama daerah : Kimhong (Jakarta), pacar cai (Sunda), pacar banyu (jawa), paruinai (Minang), inay ayer (Melayu), pacar foya (Bali), ungga agu (Gorontalo), bunga bersemin (ambon)

Kegunaan :
Yang digunakan adalah akar, daun, bunga dan bijinya. Kasiatnya untuk melancarkan peredaran darah, melunakkan benjolan yg keras. Bijinya digunakan untuk obat kanker saluran pencernaan bagian atas dan peluruh haid. Bunganya untuk bengkak akibat terpukul, rematik sendi, bisul dan radang kulit. Sedangkan daunnya untuk mengobati keputihan. Akarnya adalah obat rematik, peluruh haid dan tertusuk tulang di tenggorokan.

3. Bunga Kenop (Gomphrena globosa L.)
Nama daerah : Kembang putar, ratna pataka (sumatra) udel-udelan, gundul (Jawa), taimantulu (Gorontalo), bunga kanop (Ambon).

Kegunaan : Bunga Kenop digunakan sebagai obat alami anti batuk, dan sesak nafas. Juga utk mengobati asma bronchial, bronkhitis, batuk rejang, radang mata, sakit kepala dan panas pada anak karena gangguan liver.

4. Jengger Ayam (Celosia cristata L.)
Nama daerah : Jawer hayam (sunda), jengger rumpuk (jawa), jhanggar ajam (Madura) janggar siap (Bali), ranang jangan (Makassar)

Kegunaan : Bunga jengger ayam digunakan sebagai obat alami anti radang, menghentikan pendarahan, obati mimisan, batuk darah, wasir berdarah, perdarahan rahim diluar waktu haid, keputihan, infeksi saluran kemih, air kemih berdarah dan disentri.

5. Tanaman Bunga Boroco (Celosia argentea L.)
Nama daerah : Bayam ekor belanda (sumatra), baya kasubiki (Ternate), bayam kucing

Kegunaan : Biji Boroco dapat mengatasi infeksi mata merah (acute conjunctivitis) radang kornea mata dan hipertensi. Bunganya digunakan sebagai obat cuci mata dan keputihan. Gunakan semua tanaman yg masih satu famili dengan bunga jengger ayam ini untuk mengobati infeksi saluran kemih dan disentri.

6. Siantan / Soka (Ixora stricta Roxb.)
Bunga soka digunakan untuk menghilangkan rasa sakit (bersifat analgetik), menurunkan tekanan darah tinggi, gangguan sirkulasi darah, haid tidak teratur ataupun tidak datang haid dan obat bila mengalami luka akibat terpukul.

7. Kembang Sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L.)
Nama daerah : Bungong raya (Aceh) bunga raya (Melayu, Ambon), kembang wera (sunda), wora wari (Jawa), bunga rebhang (Madura), bunga bisu (Bugis), Ubo ubo (Halmahera Utara)

Kegunaan : Bunga kembang sepatu digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati bronkhitis, batuk berdahak, batuk rejan, batuk lendir darah, TBC paru, gondongan, mimisan, disentri, melancarkan haid, infeksi saluran kemih dan kencin,g nanah. Daunnya digunakan utk obat bisul, radang kulit, mimisan dan gondongan.
http://www.bangfad.com/bersama-untan-membangun-negeri.html